gak lulus-lulus

“assalamualaikum, ndres ini didik, sekarang aku lagi di tempat yuni.what’s up bro? JGN “LETOY GITU DONG”!!knp, susah lulus yah?!sama dengan gue tu!Rasanya malu, orientasi dan motivasi jd absurd, pokoknya aku bisa merasakan gmn deh rasanya.Percaya deh Akh!Tp kitagak boleh kalah!Ayolah meski jauh, kita hadapai ujian ini bareng2.OK!LOVE U!

Sebuah SMS dari seorang sahabatku, yang mencoba menyemangatiku untuk terus berusaha menggapai gelar sarjana. dia yang nun jauh disana, juga lagi berusaha menggapai titel sarjananya pula.

sedikitku tersadar bahwa aku tinggal ber 9 di kampus ini. dari total 67 anak Agronomi angkatan 99, hanya tersisa 9 orang. 2 sudah siap ujian, 3 tinggal seminar dan 4 sisanya, satu dah mulai penelitian, yang dua masih belum jelas dan yang satu lagi berusaha mengajukan prososal skripsi dan itu adalah aku

teringat masa2 kuliahku yang sudah berjalan hampir 6 tahun ini. IP pas2an, sering bolos, gak ikut praktikum, ditambah banyak masalah di luar kampus, malah bikin gak betah. mungkin penyesalah tiada berguna, namun jujur ajah, kuliah pertanian adalah bukan pilihanku, secara generalisir, IPA adalah bukan minatku, cita2ku adalah menjadi seorang jurnalis yang meliput berbagai berita, hanya sayang, mentok di kemauan bunda dan ayah yang ingin anak2nya menjadi Insinyur semua
balik lagi ke masalah…
mungkin aku satu dari sekian banyak mahasiswa dengan label “aktifis” yang kuliah lama banget. well… partnerku di KASTRAT KAMDA juga sama2 anak 99 dan sama2 belum lulus, Kang rudi, di kaderisasi bahkan angkatan 97
juga beberapa teman2 yang lain di luar kota sana

tapi sebagai anak, tentunya aku harus nyadar apa dan bagaimana diriku
tuntutan orang tua tentunya menjadi “nightmare” di pelupuk mata
bahkan mau gak mau, harus nyadar usiaku udah menginjak 24, masa yang harusnya udah produktif untuk menghasilkan uang

lalu aku bertanya, akankah aku bisa?
sedang tenaga, daya dan upaya masih sangatlah terbatas,bahkan aku sendiripun juga gak tahu nanti mau kemana?

pernah aku ditanya ama mantan “binaan” ku, sering dia nanya, mas kapan wisuda. aku cuman bisa nyengir kuda. dan dia yang angkatan 2001 lagi ngajuin judul sekarang, dan kemungkinan ntar kalo gak dia duluan, mungkin bareng malah

makanya
jadi sempet bertanya2

apakah rasa bimbang, ragu, suntuk, jenuh dan lainnya ini juga dialami oleh mahasiswa2 yang lama di kampus seperti aku ini?

Tinggalkan Balasan

