menjelang setahun rumahku

Template ku ganti yang biasa
Iyaaa…aku sengaja mengganti templateku menjadi standar dan biasa aja. Bukan karena bosan dengan template sebelum ini, atau merasa malu karena template ku jauh kalah baik dengan blogger lain. Gak ada masalah kok dengan design template tersebut, juga aku gak malu dengan hasil karya designku yang masih teramat kasar buatannya. Lebih baik jelek tapi hasil karya sendiri dari pada bagus tapi dibuatin orang lain.Idealis memang, dan karena idealis itu pula aku gak kepayahan di kampus dengan usaha sendiri tanpa bersedia meniru teman-teman lain yang bekerja sama atau berbuat curang saat ujian ataupun waktu lain.

Untuk awal sih gak masalah dibuatin, tapi masak mau nampangin buatan orang mulu sih??? So, perlu lah untuk belajar dan tidak sekedar puas dengan buatan orang lain pada blog kita. Jelek gak masalah, yang penting buatan sendiri. Namanya juga belajar, ntar lama-lama juga bisa 🙂

Aku kenal blog, hampir dua tahun, tepatnya juni 2004. Namun, blogku itu gak pernah aku urusin sampe kemudian aku bikin account baru di awal bulan April 2005, tepat hari kelahiranku ke 24. Sekedar kado untuk diriku sendiri, karena jangankan hadiah or kado, ucapan selamatpun hanya terbatas orang-orang tertentu saja.

Template pertamaku, hitam atau minima black. Bertahan selama dua bulan lalu aku ganti menjadi minima blue berwarna standar biru…bertahan hampir selama 5 bulan sampe bulan oktober 2005, keduanya merupakan standar template dari blogger. Ketika itu aku dapat tawaran dari seorang teman yang membuatkan lay out dengan tema aquarium, dengan gambar back ground biru muda dan side bar biru tua, dihiasi dengan header sebuah pulau dan footer berupa harta karun yang tertimbun di lautan. Bertahan sampai bulan november akhir yang mana saat itu aku mengalami “musibah” dan kemudian atas apa yang aku alamin tersebut, dibuatlah lay out berjudul “Fixing a Broken Heart”. Lay out itu masih aku pakai sampai sekarang, sekedar menghargai apa yang pernah dia lakukan kepadaku. Bisa dilihat di Rumah Puisiku. Lalu, kemudian dua minggu kemudian aku dikirimin lay out baru berjudul “Mengejar Matahari”. Lay out berwarna biru gelap yang anda temuin beberapa waktu sebelum ini.

Selanjutnya, aku mulai mencoba mendesign sendiri sebuah gambar. Mulailah belajar corel draw dan juga photoshop, meski namanya masih amatiran, ya hasilnya gak karuan. Dan sempat aku pajang, meski dengan script yang sama dengan judul “Menunggu Pagi” dengan warna ungu. Tapi berhubung jelek, aku kembalikan ke sebelumnya yaitu mengejar matahari lagi.

Atas sebuah konflik dengan banyak orang, juga tekanan dan juga banyaknya masalah yang mengikuti, akhirnya blog kubikin hitam kelam dengan nuansa gelap seperti orang yang kalap, dan aku beri judul “Black Campaign (Saat Kejujuran Berharga teramat Mahal)”. Dan lagi-lagi hanya bertahan selama dua minggu, setelah ujian skripsi selesai, aku ganti lagi dengan nuansa abu-abu dan putih dengan thema “Putih, Menyucikan Hati”

Dan sekarang….menjelang setahun “rumah” ku berdiri, aku memilih untuk kembali ke natural. Back to basic dengan lay out standar dari blogger. Kembali ke tujuan asal, bahwa blog hanyalah sebuah rumah biasa yang berisikan bermacam-macam hal yang ada di dalam pikiran kita. Blog hanyalah sebuah diary perjalanan hidup manusia yang pada awalnya itulah fungsi blog. Blog hanyalah tempat mengekspresikan apa yang ingin kita tulis. Sedangkan fungis lainnya seperti sulaturahim, merupakan pengembangan dari fungsi diary tersebut. Dan akhirnya, terbentuklah komunitas blogger

Untuk itu pula, alasan kenapa tidak ada link, kenapa tidak ada shotbox, kenapa tidak ada petunjuk lain, aksesoris lain, seperti jam, hit counter, bahkan banner yang mungkin bisa menunjang rating blog kita. Bukan aku gak suka dikunjungin, ataupun gak mau bersilaturahim. Namun, biarkan aku menikmati kesendirian yang aku rasakan semakin nikmat dalam kesunyian hidupku sendiri. Sendiri, sebuah kepolosan. Polos, seperti blog ini, hanya sebuah lay out sederhana dengan kesederhanaan yang aku punya.

PS : mungkin itu yang ada dalam kepalaku saat ini, besok…bisa jadi berubah

Tinggalkan Balasan

