Ajaibnya System Restore

Pernah bermasalah dengan komputer anda?

Seminggu ini, aku mengalaminya. Dimulai dengan niat pengen masang ngeganti Nero 6.0 dengan Nero 7.0 biar lebih canggih, dan fresh, akhirnya aku mesti ngebuka lagi Deep Freeze (apa itu deep freeze, nanti aku jelaskan) yang terpasang pada komputer ku. Dan langsung setelah Deep Freeze non aktif, aku instalasikan Nero 7.0.

Selesai nginstall, aku nyoba "ngeberesin sistem" dengan Tune up Utilities 2006 yang terpasang. Program ini, membantu komputer untuk mengakselerasi kerja komputer, juga membenarkan atau membuang sistem yang dianggap tidak perlu dalam kerja windows, istilah yang biasa dikenal adalah Tweaking

Nah, sekarang akan aku jelaskan apa itu Deep Freeze. Deep Freeze adalah sebuah sistem operasi di windows yang berfungsi untuk menghalangi atau menolak setiap perubahan, baik data maupun sistem yang dimasukkan ke dalam komputer ketika Deep Freeze sedang dalam keadaan aktif. Dalam artian, ketika sistem atau data di masukkan/diinstalasikan, maka ketika komputer restart, akan kembali ke tampilan semula sebelum data/sistem dimasukkan. Dengan demikian, Deep Freeze juga bisa berfungsi sebagai anti virus yang akan menolak masuknya virus tersebut kedalam sistem

Nah, saat Deep Freeze sedang non aktif, aku kemudian menjalankan Tune Up System Control, dan langsung mengakses Best Performance agar komputer bisa lebih oke jalannya, Dan disinilah masalah dimulai.

Setelah dirasakan cukup, lalu aku aktifkan kembali Deep Freeze dan kemudian restart. Oh yah, cara mengaktifkan atau menon aktifkan Deep Freeze cukup mudah. Hanya dengan menekan tombol shift dan klik 2 x pada icon Deep Freeze pada toolbar disebelah kanan bawah windows dan masukkan passwordnya.

Dan disinilah kemudian masalah berlanjut, ketika selesai restart ternyata kompieku mengalam "penyakit" lama, yaitu tidak bisa acces ke server data, tapi masih bisa acces internet. Tentu aja aku jadi bingung sendiri, kenapa bisa kumat lagi yah??

Sampe 3 hari lamanya. komputer itu cuman bisa buat ngenet doang, tapi gak bisa buat acces data server. Sampe akhirnya, aku coba utak-atik sendiri dan kemudian menemukan "System Restore". Dan ternyata, dengan program ini, menjawab semua permasalahan yang ada. Kita tingal memilih, tanggal mana yang akan kita "restore sistem" dan semua tampilan di komputer akan kembali pada tampilan pada tanggal tersebut. 

Caranya pun juga mudah. Cukup klik start –> accesories –> system tools –> system restore dan sudah deh, tinggal nungguin system kembali seperti semula. Cara yang mudah dan praktis, hanya saja mungkin kita perlu menginstal kembali program atau game yang sudah kita masukkan ke dalam komputer. Dan satu lagi, system restore hanya terdapat di Windows XP, jadi kalo Win ME atau 98, tentu saja gak bisa.

Jadi..sekarang udah bisa ngenet, ngacces data server dan ngegame Football Manager sekaligus dalam satu kompie ..Horeee 😀 

9 komentar

  1. noorma · · Balas

    walah, ngono to le
    aq yo sik urung ngerti =P

  2. Mohon informasi cara2 Install & setting Deep Freeze untuk Win XP

    Klo boleh saya dikirimin donk Deep freeze yg untuk win 98

    matur suwun,
    salam
    agust

  3. thanks…dah kunjungi blog ku..btw, artikel deepfreeze ku itu sebenarnya juga udah lama aku bahas di blog aku sebelumnya di M3blog. Tapi karena pindahan blog gitu ceritanya dan blog yang lama aku tutup. akhirnya artikel2 yang ada di blog sebelumnya aku backup aku masukin di blog yang baru 🙂

  4. Super weduz · · Balas

    Iya bro cara install nya sekalian link programnya dunk!!!

    thanks infone

  5. iya mas aku mok tanya apakah deep freze itu sendiri bisa dirusak oleh sebuah virus

    thanks berat

  6. system restore adalah system yang sangat terkenal tapi system ini masih ada kekurangannya.

    by supriyanto

  7. MW NANYA KO LOGO DEEP FREEZE NA ILANG D TASKBAR KANANG
    JADI GAK BISA UNISTALL DEEP FREEZE 6
    KASI TW DONK
    PLZ
    SEN TO AT JESEN_tSE@YAHOO.CO.ID
    MOHON BANTUAN NA

  8. kl data restore bisa gak y?critanya aku ngecut data dari kamera ke kompi yg deep freezenya aktif, saat itu data memang tersimpan, tetapi ketika kompi mati dan dihidupkan kembali, data tersebut hilang, ada yang tahu solusi bagaimana data tersebut bs kembali?

    mohon sarannya,

    heru

Tinggalkan Balasan

