Live atau Semi Live

Jika kita lagi menyaksikan siaran Piala Dunia di TV atau layar besar yang dipasang di pinggir jalan / kafe, pasti SCTV (yang memegang hak siar PD 2006 untuk Indonesia) atau stasiun TV luar negeri akan memasang tulisan "LIVE" di atas tayangan tersebut. Hal itu untuk menandakan bahwa siaran itu live alias langsung dari stadion yang sedang diadakan pertandingan bola itu.

Pertanyaannya, apakah benar tulisan LIVE tersebut menandakan bahwa apa yang sedang terjadi saat itu, secara langsung pada saat yang bersamaan dinikmati oleh pemirsa yang sedang nonton TV?

Sebenarnya, ada jeda waktu 2-3 detik antara kejadian sebenarnya, dengan tayangan di TV. Tapi kesepakatan bersama itu masih dianggap sebagai Live atau realtime. Tapi kalo jedanya hampir 30 detik gimana???

Ini terjadi semalem, sewaktu aku nonton bareng di sebuah layar besar. Kebetulan yang maen adalah Brazil lawan Australia. Saluran TV yang di putar adalah CCTV China (atau Tiongkok??), sedangkan di belakang sana, di dekat warkop juga ada TV kecil yang memilih saluran TV SCTV. Ada yang unik, ketika terjadinya gol ke dua Brazil di akhir pertandingan.  Tiba-tiba di warkop yang nonton pada teriak kegirangan akan terjadinya gol, sedangkan dilayar besar belum ada gol terjadi. Dan jeda hampir 30 detik, baru gol terjadi.  Nah, kalo sudah demikian, apakah masih layak disebut LIVE alias realtime?

Kalo di komputer, beda satu detik aja udah gak realtime atau Live. Kalo di TV, apakah juga sama?? 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: