Sistem baikkah solusinya?

Ada sebuah pernyataan “Di Indonesia itu, siapapun pemimpinnya gak akan bisa berhasil sebelum bisa membuat sistem yang baik”. Jadi kalo menurut pernyataan tersebut, dalam semua hal mesti membuat sistem yang baik agar orang yang memimpin dapat bekerja dengan baik.

Ada satu pertanyaan dalam kepalaku, apakah sistem yang baik, dapat memberikan solusi yang baik pula. Lalu apakah manusia yang menjalankan sistem sudah siap dengan sistem tersebut??

Lalu, aku dihadapkan pada sebuah fakta. Gak usah jauh-jauh. Terkait dengan pengumuman hasil kelulusan siswa SMA kemaren. Secara nasional, hanya 8 % yang tidak lulus UAN. Berarti mengalami penurunan dibanding tahun kemaren. Tapi, satu fakta yang aku dengar, bahwa ternyata banyak hasil siswa sehingga lulus itu, ternyata bukan hasil kerja murni mereka. Justru para guru mereka yang membantu dengan mengerjakan soal tersebut, dan memberitahukan jawaban kepada muridnya

Bagaimana bisa dan dengan cara gimana?? Memang guru pada suatu sekolah, tidak mengawasi ujian di sekolah dia mengajar. Namun dengan kecanggihan teknologi, tentu saja jawaban itu bisa dikirim dengan cepat, yaitu dengan HP dan SMS. Cukup satu siswa yang diberitahu, dan jawaban itu akan tersebar ke dalam seluruh kelas.

Membantu memang, tapi apakah hal seperti ini diperkenankan?? Dan apakah kita begitu saja, menyerahkan masa depan negara ini kepada anak muda yang tidak jujur dan tidak teruji ilmu pengetahuannya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: