Rahangku Sakit

Entah kenapa, makin lama aku makin merasakan sakit pada rahangku. Tepatnya, sendi antara rahang yang terletak didepan kupingku, yang disebelah kiri. Awalnya aku biarkan saja, aku pikir karena mungkin kebiasaan makan dengan mengunyah makanan di bagian rahang sebelah kiri, sehingga perlu pindah ke bagian rahang kanan.

Tapi dengan mengubah kebiasaan mengunyah makanan di rahang kanan, tidak menjawab persoalan tersebut malah gerahamku jadi sakit dan gusinya jadi bengkak. Selain itu, bunyi klethak-klethuk di rahang kiri malah makin keras terdengar, terutama saat makan atau bicara. Dan yang bikin tambah sakit, adalah saat membuka mulut terlalu lebar, mesti memberi sedikit tenaga ke rahang agar bisa kembali ke tempat semula. Jadi, sendinya seperti bergeser gitu. Ada apa sih sebenarnya?

Aku jadi ingat, bahwa bunyi itu muncul setelah aku mengalami “insiden” di bulan puasa tahun 2003. Saat itu, aku menjadi salah seorang yang “tertangkap” oleh Polisi saat melakukan demonstrasi penolakan rektor. Dan tentunya, bukan hanya sekedar ditangkap, tapi juga di gebukin dan di tendang pake sepatu lars atau istilah terkenalnya adalah sepatu PDL. Dan saat itu, ada pukulan dan tendangan yang sempat mampir ke muka ku, salah satunya kena rahang kiriku dengan telak 😦

Sebenarnya, aku sudah menanyakan sakit ini pada beberapa orang, terutama sama mahasiswa atau coass Kedokteran gigi. mereka bilang, itu namanya “klicking”, cuman belum berani menangani atau belum ada saran yang relevan, hanya sekedar suruh periksa aja, atau mengunyah makanan pake bagian yang lain (tapi buktinya khan malah gusi ku sakit). Lalu aku minta saran sama Adekku ini, tapi aku malah dicuekin aja, gak ada balasan dari emailku. Padahal khan bentar lagi mau jadi dokter gigi :(.

Kalo saran dari bu dokter , aku mesti di photo, biar ketahuan penyebabnya apa. Tapi khan juga butuh biaya buat foto. Sedangkan buat makan aja aku masih mikir2, gimana buat Photo. Lalu saran dari bu Dokter Gigi Evy, aku mesti latihan buka mulut tiap pagi dan mau tidur minimal tiga ibu jari. Lhah..aku malah jadi bingung, buka mulut gimana. Khan emang buka mulut terus, pa lagi kalo ngomong dan makan 😛

Jadi..sepertinya mesti ngumpulin duit dulu buat foto. Atau ada yang mau bantu?

One comment

  1. assalamu’alaikum kk…duh afwan yah…bukan tak mau membalas emailmu, tapi rosa emang udah lama gak buka email karena ujian muluw…tapi kan udah dibales kemarin itu…..BTW, udah difoto Roentgen belum K?

Tinggalkan Balasan

