Firefox VS Bon Echo

 

VERSUS

Perusahaan raksasa yang menciptakan browser engine, Mozilla, selama ini dikenal dengan produknya yang berupa Mozilla Firefox (FF). Engine browser ini, ketika pertama kali muncul diklaim sebagai engine tercepat, jauh melebihi Opera apa lagi Internet Eksplorer (IE).

Tentu saja, engine ini sangat laris di pasaran. Dengan inovasi dan juga peningkatan dan upgrade secara berkala, Firefox sekarang menjadi “RAJA” engine browser di dunia. Dibuktikan dengan mendapatkan penghargaan.

Tapi itu ternyata tidak membuat puas Mozilla. Meski cepat, namun masih ada kelemahan dari Firefox yang membuat perlu inovasi dan penciptaan baru. Dan tahun 2006 ini, Mozilla merilis produk engine browser lain sebagai kompetitor FF dan diberi nama “BON ECHO” (BO). Produk BO 2.0 sudah bisa di nikmati oleh masyarakat luas. Bisa di downlod dari banyak sumber. Dan rencananya, BO 3.0 juga sudah siap diedarkan.

Sepintas terlihat sama tampilan antara FF dengan BO. Bahkan content dan juga settinganpun tidak jauh beda dengan FF. Tapi ada satu ciri khas yang membedakan antara FF dengan BO.

Selama ini, pada FF, ketika kita mengklik kiri link yang ada di halaman utama, jika tidak menindih halaman sebelumnya (halaman utama), maka akan muncul window baru disamping window yang kita buka. Padahal keunggulan dari FF dibandingkan dengan IE adalah tidak perlu membuka banyak window, cukup membuka tabs baru pada window yang sama, sehingga lebih praktis.

Pada BO, kelemahan FF tersebut dibenahi dengan memberikan pilihan antara membuka window baru atau tabs baru. Caranya cukup klik “Tools” lalu klik “options” dan klik “tabs”. Disana anda akan bebas menentukan antara membuka window baru atau tabs baru.

Dengan demikian, maka kelemahan pembukaan window baru pada FF bisa teratasi. Dan satu lagi ciri khas dari BO adalah, icon “close tabs” terletak langsung pada masing-masing tab, yang mana berbeda dengan FF yang tetap meletakkan icon “close tabs” di ujung kanan atas tabs aktif.

Dengan adanya fasilitas tersebut, maka anda tidak perlu membuka tabs dan kemudian men-close nya. Anda cukup klik pada tabs yang ingin anda tutup secara langsung, tanpa harus membukanya terlebih dahulu.

Dalam hal kecepatan, tidak nampak perbedaan signifikan. sama-sama cepat, baik dalam browsing maupun mendownload. Namun kembali lagi, semua tergantung kecepatan koneksi internet anda.

Jadi, sekarang tinggal selera anda. kalo saya pribadi, saya lebih suka pake BO karena warna birunya lebih adem dibanding warna oranye menyala dari FF. Selain itu, saya termsuk orang yang malas membuka banyak window, jadinya cukup 1 atau 2 windows dengan banyak tabs :). Kalo anda???

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: