Bom Jahanam

Tahukah anda kenapa Israel memulai konflik dengan Libanon secara frontal dan membombardir pemukiman rakyat Libanon kemaren ini???

Jawabannya karena Israel menuduh Libanon menculik 2 orang tentara Israel dan itu sama saja menuduh bahwa Libanon melanggar resolusi perdamaian kedua belah pihak.

Tidak sekali ini Israel bersikap sombong dan pongah serta mau menangnya sendiri. Gak usah kita bahas soal kesombongan Israel karena teman-teman semua sudah pada tahu dan bisa cari tahu lainnya. Tapi sejujurnya, ada satu hal yang dalam aksi serangan Israel, Israel sendiri justru melanggar sebuah resolusi PBB soal persenjataan

Dalam serangannya, Israel menggunakan bom cluster (atau clutser??). Dalam resolusi PBB, seluruh dunia tidak diperbolehkan menggunakan bom jenis ini dalam setiap peperangan. Sudahkah anda tahu jenis bom apa ini??

Bom ini merupakan jenis persenjataan dimana ada sebuah bom induk yang ditembakkan (biasanya dari pesawat) dan sebelum bom ini menyentuh bumi, bom ini akan pecah dan isinya berupa bom mini yang berjumlah ribuan (bahkan ratusan ribu) yang daya ledaknya cukup hebat untuk bom yang berukuran hanya beberapa centimeter saja

Efeknya adalah, bom ini bagaikan ranjau yang ditempatkan di pemukiman muslim Libanon, yang menyebabkan banyak rakyat Libanon menjadi korban akan bom ini

Kesepakatan di dunia ini, bom ini sebenarnya telah dilarang digunakan. Namun sekali lagi, Israel bersikap sombong dan pongah dengan menyepelekan larangan dan resolusi dunia ini.

Jenis bom ini, pernah digunakan saat perang teluk ketika Iraq melakukan invasi ke Kuwait di tahun 1990. Bom ini digunakan tentara multinasional dibawah pimpinan Norman Schwarzkopf melancarkan serangan udara dengan membawa bom jenis ini

Namun pasukan yang paling berpengalaman dengan bom jenis ini adalah para mujahidin veteran perang Afghanistan. Bom jenis ini, biasa dihadapi para mujahidin di setiap medan pertempuran. Bom ini biasa dijuluki “bom kupu-kupu” yang ditembakkan pesawat Tupolev milik Rusia.

Jadi tidak heran, para mujahidin Chechnya pun terbiasa menghadapi bom jenis ini, karena Rusiapun juga pernah menggunakannya dalam perang Chechnya.

Jadi…. sebenarnya siapa yang melanggar resolusi PBB???

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: