Perubahan yang Laku

Ada satu pertanyaan buat saya, kenapa komunis itu laku?

Bukan saya anti agama atau tidak bertuhan. Tapi ada satu hal yang harus saya garis bawahi, bahwa komunis tidak sama dengan atheis. Selama ini komunis selalu di simbolkan sebagai orang yang anti agama dan tidak percaya kepada Tuhan. Sebenarnya itu keliru, bahwa komunis sendiri adalah sebuah gerakan radikal yang lebih bertujuan pada penyetaraan hak yang didapat, dan salah satu gembong nya adalah Karl Marx.

Komunis adalah saudara kembar dari sosialis, meski tidak semuanya sama antara komunis dan sosialis. Tapi tujuannya adalah sama, untuk menggugat kapitalisme yang di dominasi oleh kaum borju dan penguasa yang kaya raya yang menindas kelas pekerja yang berada di strata paling bawah dalam kehidupan sosial.

Kenapa komunis itu laku? Jawabannya karena bagi kelas pekerja, paham komunisme membuat mereka merasa terlindungi hak-haknya, dimana pekerja tidak menjadi bagian yang tertindas serta adanya kesamaan bekerja buat semua golongan (termasuk kaum borju)

Tapi sebenarnya ada satu paham lain yang semestinya layak untuk mendapatkan tempat dalam meningkatkan kesejahteraan, Sosialis – Utopia

Sosialis – Utopia adalah sebuah pemahaman, bahwa perubahan bagi kelas buruh, semestinya dilakukan oleh para penguasa dan pengusaha. Bahwa sebenarnya, dengan menyejahterakan pekerja, mampu meningkatkan kinerja dari kaum pekerja, dan salah satu tokoh paham ini adalah Robert Owen

Robert L. Heilbroner dalam The World Philosophers menulis “berbeda dengan komunis, orang ‘sosialis-utopia’ berbicara kepada kelas atas. Mereka berharap dapat membujuk kelas atas bahwa perubahan akan bermanfaat juga bagi kelas atas itu sendiri. Sebaliknya kaum komunis berbicara kepada mereka yang ada di bawah. Mereka tak percaya bahwa kelas di atas bisa diubah”

Lalu pertanyaannya adalah, kenapa Komunis lebih laku dibanding Sosialis-Utopia? Jawabnya adalah karena pengusaha tidak mau berubah, bagi mereka keuntungan adalah segalanya, tanpa peduli kesejahteraan pekerja. Mau bukti? Lihat saja negeri kita, potret buram dimana banyak buruh yang mogok kerja akibat perlakuan yang tidak adil dari para pemilik perusahaan.

Lalu apakah komunisme bakalan laku untuk buruh Indonesia? Masih panjang jawabannya!!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: