Membuat Tanpa Memelihara

Anda pemakai Telkomsel? Jika anda menggunakan Kartu Halo, Simpati atau Kartu As, maka anda adalah pelanggan dari Telkomsel. Banyak keutungan memang menggunakan kartu yang dikeluarkan salah satu BUMN (atau mungkin lebih tepatnya ”mesin uang” negara), diantaranya adalah jaringan terluas di seluruh Indonesia, selain tarifnya yang cukup murah (tentu saja bersaing dengan operator lain). Dan Telkomsel sendiri mengklaim mempunyai pelanggan lebih dari 20 juta nomor.

Sebagai pengguna Telkomsel, maka ada kesempatan buat anda untuk ikut Gebyar Hadiah Telkomsel. Hadiahnya tentu saja anda tahu dari mobil sampai HP dan pulsa gratis

Tapi, saya ingin mengajak anda sedikit berhitung-hitung. Saat anda mengirimkan sms untuk konfirmasi undian, maka pulsa anda akan berkurang sebesar Rp 350. Jika saja hanya setengah saja pelanggan telkomsel yang ikut undian, maka 350 dikalikan 10 juta, sehingga akan didapat angka sebesar 3,5 Milyar. Angka itulah yang dipergunakan oleh Telkomsel untuk memberikan hadiah dari undian tersebut. Padahal, dalam sebuah perusahaan biasanya ada biaya promosi yang dipergunakan untuk mempertahankan serta mendongkrak penjualan dari perusahaan.

Tentu saja hitung-hitungan ini hanya sekedar iseng-iseng belaka. Namun, dari situ jika kita iseng-iseng menghitung lagi, jika saja setiap pelanggan telkomsel setiap hari hanya menggunakan pulsanya sebesar  Rp 1000 saja (dalam sebulan akan habis sebesar Rp 30 ribu), maka akan didapatkang angka 20 M per hari, jika sebulan maka akan didapat angka sebesar 600 Milyar. Itu belum lagi dengan pelanggan Kartu Halo, yang tagihan perbulan bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Omzet yang sangat besar memang, makanya tak heran jika seorang Direktur Utama Telkom mendapat gaji tak kurang dari 150 juta tiap bulannya.

Itu baru telkom, belum dengan Indosat. Jika Indosat mengklaim mempunyai 13 juta pelanggan, maka jika disamakan dengan Telkomsel, setiap pelanggan Indosat menggunakan pulsanya sebesar 1000 saja, maka akan didapat angka 13 Milyar per hari dan 390 Milyar pertahun. Omzet yang sangat besar memang, namun sayang karena separuh keuntungan Indosat masuk ke kantong Singapura (masih ingat
kan, kalo 49 % saham Indosat dikuasai Temasek Holding, perusahaan Singapura)

Itulah mental bangsa ini, tidak mampu memelihara namun meminta bayaran tinggi, tanpa prestasi.

Iklan

One comment

  1. aq sangat g` setuju dengan telkomsel n gw g` akan ikut kuis itu!!!…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: