Fatwa Boikot Yahudi : Masihkah Berlaku??

Ada sebuah fenomena yang saya amati, selama lebih dari 4 bulan hidup di Maluku Utara, ini terkait dengan sebuah fatwa yang setahu saya fatwa tersebut masih berlaku dan belum di cabut keberadaannya, dan bersifat internasional. Fatwa yang dikeluarkan oleh salah satu syaikh ikhwah, Dr Yusuf Qaradhawi, berkenan dengan pemboikotan produk yahudi dan amerika.

Hampir semua ikhwah pejabat (baik di partai, legislatif maupun eksekutif atau wajihah lainnya) menggunakan Nokia Comunicator sebagai alat bantu komunikasi mereka. Akhirnya muncul sebuah pertanyaan, apakah fatwa tentang pemboikotan produk yahudi dan amerika masih berlaku?

Okelah, saya mungkin bisa menerima jika Nokia Comunicator memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan type HP sejenis. Salah satu keunggulannya adalah bisa memasukkan data, dan menjadi agenda pribadi serta kemampuan daya browsing yang baik, karena memiliki layar lebar. Namun kemudian, muncul lagi sebuah pertanyaan, bukankah fungsi utama dari HP adalah telpon dan sms! Lalu, dengan kondisi telekomunikasi di Maluku Utara, yang GPRS saja tidak semua wilayah bisa mengaksesnya, 3G belum masuk, dan juga masih buta informasi untuk masalah GPRS, maka HP canggih apapun yang dimiliki oleh ikhwah di Maluku Utara, akhirnya hanya digunakan untuk telpon dan sms, dan sesekali menyimpan data penting yang diperlukan.

Jika hanya untuk itu, lalu buat apa memiliki HP canggih seperti N-Comunicator. Dan kalaupun emang ingin memiliki HP yang bisa berperan sebagai alat bantu, kenapa memilih produk yahudi? Sedangkan masih banyak alternatif lain yang bisa dipakai selain Nokia. Misalnya saja Sony Ericsson (produk Finlandia), mereka mengeluarkan smart phone yaitu P900 dan P910. Fungsinya hampir mirip dengan N-Comunicator. Atau justru saya lebih menyarankan untuk menggunakan PDA (tentu saja yang bukan produk Amerika dan Yahudi seperti HP dan IBM), ada Toshiba buatan Jepang, atau Vodafone (kalo gak salah buatan Prancis), O2, atau juga T-Sel buatan Jerman (sebenarnya ada juga Palm Treo, hanya saya ragu buatan mana produk ini). Dan tentu saja, PDA memiliki kelebihan di bidang penyimpanan data, pembuatan agenda dan jadwal serta beberapa kelebihan dibanding N-Comunicator.

Kalo yang menjadi dasar adalah azas manfaat, (sama seperti fiqh yang digunakan untuk kendaraan dinas yang diperoleh ikhwah saat menjadi eksekutif/legislatif. Kendaraan dinas seharusnya tidak boleh dipergunakan jika bukan untuk dinas, tapi akhirnya diperbolehkan digunakan jika untuk kepentingan dakwah), maka menurut saya, azas manfaat ini sebenarnya tidak berlaku untuk masalah ini, karena fungsi N-Comunicator dilapangan ternyata hanya untuk telpon dan sms saja, serta masih banyak alternatif lain jika ingin memiliki smart phone baik merk, maupun type lainnya.

Bagaimanapun pula, seorang pemimpin adalah panutan dan menjadi contoh bagi yang dipimpinnya. Seorang Qiyadah adalah menjadi teladan bagi Jundinya. Hal sekecil apapun yang dilakukan oleh seorang Qiyadah, adalah menjadi contoh bagi para Jundinya. Dan dalam hal ini, terus terang saja, saya sedikit kecewa

Jika fenomena di Maluku Utara tersebut, juga terjadi di banyak daerah di Indonesia ini, maka sama saja ikhwah menyetorkan uang bermilyar-milyar jumlahnya ke yahudi, yang berarti uang yang selama ini kita gunakan untuk mendukung kemerdekaan palestina menjadi sia-sia karena kita secara tidak sadar ikut memberikan dana bagi yahudi untuk memerangi mujahid palestina. Kalo sudah gitu, buat apa pula kesepakatan dengan Presiden RI waktu pemilu 2004 yang salah satu poinnya adalah Presiden RI mendukung kemerdekaan Palestina, jika ternyata kita sendiri secara tidak langsung justru menghalangi kemerdekaan palestina dengan tidak memboikot produk Yahudi

Wallahualambishsowwab

Catatan :

1. Buat all my bro and sis, sebisa mungkin tidak menggunakan produk Yahudi yuk.!!!, kalo mau HP canggih, beli aja PDA 🙂

2. Buat ustad-ustad di Dewan Syariah, afwan ustad, hanya sebuah tulisan kerisauan dari seseorang yang dhaif

Iklan

10 komentar

  1. Iya, saya sering juga memergoki ikhwah2 yang masih menggunakan Aqua sebagai minuman yang disuguhin ke tamu. Padahal sudah ada penelitian tentang Aqua ini yang kandungan logamnya besar..

  2. Pemikiran yg sempit & dangkal sekali

  3. buat wedge…
    apa yang sempit mas/mbak?
    kalo ada penjual makanan, terus dia meracuni adik anda, apakah anda akan masih makan di warung tersebut?
    logikanya seperti itu khan??? 🙂

  4. Saya juga pada awalnya seperti Anda, berusaha untuk memboikot yang bisa saya boikot.

    Kemudian saya temukan, ternyata terlalu banyak pihak / produk yang berhubungan dengan Zionis 😦

    Satu contoh simpel; tahukah Anda bahwa Bill Gates / Microsoft punya banyak link ke Israel ?

    Bukan itu saja, Bill Gates pada saat ini juga tergabung dalam sebuah organisasi super elit yang sangat merahasiakan semua isi pertemuannya. Para anggotanya mungkin lebih berpengaruh daripada negara-negara anggota G8.

    Nah, sanggupkah kita memboikot Microsoft & semua produknya ?
    (windows, office, dll)

    Jadi pada saat ini saya bersikap sbb :

    1. berusaha memboikot yang bisa diboikot

    2. mendorong agar bisa memboikot

    3. memahami yang tidak bisa memboikot / ketika manfaat yang bisa didapat dari menggunakan bisa lebih banyak daripada jika memboikot.

    Secara pribadi & juga perusahaan saya sendiri pada saat ini aktif mempromosikan solusi open source. Supaya makin banyak umat Islam yang bisa menikmati solusi IT yang halal & bebas / tidak menguntungkan Zionis 🙂

    Sekedar tambahan masukan, semoga ada manfaatnya.

  5. Oh ya, jika Nokia communicator tsb cuma dipakai untuk telpon & sms, saya setuju sebaiknya tidak usah. Mubazir / temannya setan tuh 🙂

    Saya pribadi menggunakan Nokia communicator / Nokia E70 karena saya butuh keyboard & fasilitas2 PDA nya. Namun untuk keperluan telpon & sms, saya juga menggunakan HP yang murah meriah saja. Merknya Nokia juga, karena kebetulan di daerah saya, cuma HP nokia yang bisa mendapatkan sinyal yang cukup bagus untuk dapat digunakan berkomunikasi 🙂

  6. jujur aj aku masih bingung definisi “produk yahudi dan amerika”
    soale skr kan udah globalisasi, jadi perusahaan bisa memiliki pabrik dimana2, di negara kafir atopun negara islam (dan otomatis pekerjanya juga campuran) dan kepemilikan perusahaan tersebut (dalam bentuk saham) juga bisa bercampur, ada perusahaan yg sekian persen sahamnya milik orang muslim tapi sekian persen milik orang kafir, terus banyak juga satu barang merk tertentu yg dibuat melalui serentetan/siklus produksi yg dikerjakan oleh perusahan kafir dan juga oleh perusahaan muslim.
    jadi harus di rumuskan dulu definisi “produk yahudi dan amerika” itu seperti apa?
    kalo memang fatwa boikot “produk yahudi dan amerika” tesebut memang bener2 ilmiah sesuai kaidah2 yg dirumuskan di Al Qur’an & As Sunnah, harusnya beliau (Dr Yusuf Qaradhawi) memberikan penjelasan detail mengenai definisi “produk yahudi dan amerika”.
    misalkan ada sebuah chip (ato integrated circuit/IC) di produksi oleh perusahaan yahudi, apa semua produk (baik makanan, senjata, alat2 elektronik dll) yg diturunkan/dibuat/dihasilkan dari mesin produksi yg didalamnya memakai chip yahudi tsb juga termasuk produk yahudi?

  7. quetzacolt · · Balas

    Sekalian juga tuh boikot komputer, mesin fax, remote TV, PLTN, sesame street, ama celana jeans.

  8. hhmmm..
    bagus jg masukan dari sufehmi untuk menggunakan open source, tp bagaimana dgn HW’y??
    untuk tambah2 info, vodafone jg kerja sama dgn HP, nm PDA’y itu HP iPAQ Data Messenger..

  9. tommy pramono · · Balas

    kalo ada yg ga jelas mengenai boikot prodak israel amerika….tolong baca buku berjudul “Ketika Rupiah jadi Peluru Zionis (Rizki Ridyasmara” intinya kalo memang ga ada lagi pengganti nya dan baik untuk kemaslahatan umat muslim…boleh dipakai sepanjang itu dapat menguntungkan umat muslim…
    di negara timur tengah aksi ini sudah berjalan lama….hanya di indonesia saja yg ga pada mau …makanya anda jangan bangga dgn bangsa indonesia yg katanya umat muslim terbesar di dunia tp islam cuma sbg KTP…(ibarat macan ga punya taring)
    saya malah salut dgn islam garis keras yang ada di indonesia…waktu peristiwa pelecehan terhadap karikatur Rosulullah mereka marah besar bahkan ada swiping…pertanyaannya apakah anda marah juga…pasti biasa saja kan….
    ada kisah lain
    Antara Michael Jackson & Syah id ah Marwa al-Sharbini

    Saya sedih, bukan karena kematian MJ yang dipuja jutaan orang di dunia. Tapi saya sedih, karena pada saat yang sama, berlangsung perkebumian seorang muslimah yang Insya Allah menjadi seorang syah id ah karena mempertahankan jilbabnya. Marwa Al-Sharbini, seorang ibu satu anak yang sedang mengandung tiga bulan, syah id akibat ditikam sebanyak 18 kali oleh seorang pemuda Jerman keturunan Rusia yang anti-Islam dan anti-Muslim. Tapi berita ini, sama sekali t id ak saya temukan di tv-tv kita , negara yang majaroti penduduknya Muslim, bahkan mungkin, tak banyak dari kita yang tahu akan peristiwa yang menimpa Marwa Al-Sharbini.
    Ribuan orang di Mesir yang mengantar jenazah Marwa Al-Sharbini ke tempat istirihatnya yang terakhir, memang mungkin banyak orang yang menangisi kepergian Michael Jackson. Marwa hanya seorang ibu dan bukan superstar seperti MJ. Tapi kepergian Marwa Al-Sharbini adalah lambang jihad seorang muslim. Marwa Al- Sharbini mempertahankan harga dirinya sebagai seorang Muslimah yang mematuhi ajaran agamanya meski pun untuk itu ia kehilangan nyawanya. Tolong pikirkan…

  10. tommy pramono · · Balas

    uang yang kita beli di dunia akan dipertanyakan oleh Allah di hari akhir….dikemanakan dan untuk apa saja uang kita dipergunakan….
    jawabannya simple…saya menjadi donatur tetap negara zionis israel…dari yang kita beli (sedikit contoh danone dan unilever)…keuntungannya akan berubah menjadi peluru yang ditembakan oleh tentara biadab zionis yahudi dan salibis bengis ke bayi2 muslim di palestina….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: