Kembali…!!!

Alhamdulillah, akhirnya bisa kembali lagi setelah sekian lama “menghilang”. Bukan karena terlalu sibuk, atau males nulis. Tapi karena memang kondisi di daerah terpencil, sarana internet masih menjadi kendala dalam berkomunikassi.

Kalo terakhir saya menulis pada bulan Juli, berarti hampir 7 bulan saya gak aktifkan blog ini, alias hiatus. Permasalahannya adalah yang pertama akses internet di Halmahera memang masih sulit. Selama ini saya hanya mengandalkan 2 tempat akses internet “gratis”, yaitu kantor Dinas Pendidikan yang jaringan internetnya dapat dari Depdiknas pusat, serta satu lagi kantor Bappeda Halsel yang berlangganan IM2. Keduanya bisa saya akses melalui wifi lewat laptop. Permasalahannya adalah saya sendiri tidak punya laptop. Memang ada laptop Toshiba Tecra di rumah saya, namun tidak ada wifi adapternya, selain itu batreinya drop (maklum, laptop tua 🙂 ). Semestinya dari kampus ada laptop satu yang dulu biasa saya bawa, cuman karena bagian akademik membutuhkan computer portable, akhirnya laptop kampus saya serahkan ke akademik. Akhirnya perangkat keras membuat saya tidak bisa ngenet 😦

Permasalahan kedua adalah jaringan internet di diknas sering error, kalopun tidak error, IT diknas sendiri sering rese, karena ngeliat banyak yang wifi di diknas, sering wifinya dimatikan, sehingga tidak terkoneksi. Padahal sebenarnya sebagai institusi pendidikan, saya sendiri punya hak untuk menggunakan jaringan internet diknas yang memang digunakan sebagai layanan internet institusi pendidikan dari dasar sampai tingkat tinggi. Dan sekarang, entah siapa yang punya ulah, kabel induk dari parabola satelit di kantor diknas ada yang mutus, sepertinya disengaja, mungkin sebel karena oknum tersebut sering diusir saat make wifi

Sedangkan kantor bappeda sendiri letaknya cukup jauh dari kota, sudah gitu aksesnya terbatas, karena sekarang mesti pake settingan sebelum bisa ngenet di bappeda, sehingga tidak bebas lagi

Untungnya, admin bappeda dikenalkan seorang teman kepada saya, sehingga akhirnya laptop saya disettingkan. Ya benar, laptop saya! Karena lama nungguin pengadaan barang dari kampus yang tak kunjung datang, akhirnya saya (dan istri), ngebobol tabungan kami berdua untuk beli netbook baru. Kebetulan ada temen yang pergi ke Jakarta, sehingga bisa nitip beli di Jakarta.

Memang bukan netbook mewah, bukan pula notebook yang punya kemampuan high performance, namun paling tidak bisa membantu mobilitas kami berdua karena saya sendiri mesti ngajar di kampus, sedangkan istri sendiri masih sering nerima terjemahan jurnal dari dokter yang sedang menempuh PPDS.

Insya Allah berkah 🙂


Tinggalkan Balasan

