Lembaran Putih

Beberapa minggu ini terakhir ini, saat merapikan (baca : nyisir) rambut, saya sering tertegun dengan beberapa lembar warna putih yg menghias di kepala saya. Di usia saya yang masih bisa dibilang awal 30an, lembaran putih itu cukup banyak muncul di setahun belakangan ini.

Pertama kali saya menyadari adanya lembaran putih ini saat kuliah, ada beberapa lembar  yang mulai menghiasi kepala saya, menjelang kelulusan. Mungkin saja karena otak dipaksa bekerja keras mengerjakan skripsi, sehingga menyebabkan kemunculan lembaran tersebut.
Namun setelah itu, lembaran putih tersebut tidak muncul seketika.

Kalau saja kita mau berfikir, lembaran putih di kepala kita sebenarnya menujukkan bahwa kita ini sudah tua (dalam kondisi normal). Tua dalam artian, sudah banyak hal yang kita lakukan dan kita kerjakan dalam dunia ini. Walau sering kali kita tidak mengindahkan nilai kebenaran yang mestinya kita terapkan dalam hidup kita.

Mungkin saja kita banyak berbuat kedzaliman, membohongi atau menyakiti hati orang tua, menutupi kebenaran atau tidak jujur kepada orang-orang yang kita sayangi, atau mungkin saja kita terbiasa dengan kemungkaran dalam hidup kita.

Lembaran putih itu hanya menjadi tanda pengingat, mungkin saja ajal kita tidak lama lagi. Jika umur umat muslim, seperti yang pernah di sabdakan Rasulullah adalah hanya berkisar 60-70 tahun, maka kita (saya) sudah menempuh separuhnya. Hanya saja kita tidak tahu, apakah benar kita akan hidup sampai usia 70 tahun, atau justru usia kita dapat “diskonan” sehingga tidak mencapai usia yang disabdakan Kanjeng Nabi.

Mungkin saja, lembaran putih yang makin banyak muncul di kepala saya, karena memang setahun terakhir ini saya menghadapi kondisi yang cukup sulit. Mengadapi fase hidup yang mungkin adalah kondisi yang paling pelik yang mesti saya hadapi. Namun inilah hidup manusia, dengan segala dinamisasi dan problematikanya. Insya Allah saya masih bisa melaluinya, dan berusaha tetap berjalan di Jalan-Nya

#Burn-by-Brain

2 komentar

  1. wes tuwo 🙂

Tinggalkan Balasan

