Berkacalah!!!

Ada yang menggelitik hati saya ketika seorang teman menyanggupi permintaan saya bertemu setelah sekian waktu hanya berkomunikasi dan bersilaturahim melalui satu sarana yang difasilitasi oleh teknologi, yaitu whatsapp.

Dia, partner in crime saya dalam grup komunitas “membumikan perintahNya”. Kenal awal tahun ini, ya di grup itu. Kemudian terseret dalam sebuah konstruksi untuk menguatkan jaringan komunitas yang saya bilang tadi.

Sehingga, Jumat kemaren, (29/8/14), akhirnya pertama kali saya ketemu dengan saudara saya ini, yang bersedia pagi-pagi jemput di bandara Soekarno-Hatta. Dan banyak yang saya pelajari dari derita cerita hidupnya, bahwa perjuangan hidup itu akan mewarnai setiap langkah hidup kita. Dari titik nadir, titik terendah dalam hidup, loss everything, tak berpenghasilan untuk menyambung hidup, namun tetap harus menyadari bahwa hidup adalah perjuangan.

Setapak demi setapak bangkit, memutar otak agar tidak menjadi berkarat, lalu mengeluarkan segala kemampuan dan juga menjalin komunikasi sehingga mulai survive.

Ah, mungkin masih sedikit yang dia ceritakan ke saya tentang kisah hidupnya, meski untuk orang yang baru sekali ketemu, bisa jadi terlalu banyak yang dia ceritakan.

Maka mari kita berkaca pada cermin yang ada di depan kita, mungkinkah dia yang ada di hadapan kita adalah sosok tangguh dengan wajah teguh. Jiwa yang menjadi manfaat bagindiri sendiri dan sekitarnya.

Atau mungkin saja sosok bayangan dalam cermin itu menampilkan  manusia rapuh yang berjiwa angkuh.

Andalah yang menjawabnya

*Jakarta, 1 September 2014
**Thanx for G428

Tinggalkan Balasan

